Manfaat Daun Kacang Panjang

Manfaat Daun Kacang Panjang

NegaraqqNews.com Jakarta, Manfaat daun kacang panjang untuk kesehatan ternyata belum banyak yang mengetahuinya. Pasalnya kebanyakan orang hanya mengetahui kacang panjangnya saja. Namun yang perlu diketahui, ada banyak sekali kandungan dalam daun kacang panjang ini. Seperti karbohidrat, protein, lemak, fosfor, kalsium, dan zat besi. Bahkan juga mengandung vitamin A, vitaminC, vitamin B1, dan masih banyak lagi.

Daun kacang panjang ini juga biasa disebut sebagai daun lembayung. Hampir sama seperti daun bayam dan daun kakung. Namun daun kacang panjang jarang ada yang menjualnya di supermarket. Kebanyakan hanya orang pasar yang menjual daun lembayung ini. Jadi tidak heran jika tidak banyak orang yang mengetahui daun kacang panjang ini, atau bahkan manfaat daun kacang panjang untuk kesehatan.

manfaat-daun-kacang-panjang
Daun Kacang Panjang

Manfaat Daun Kacang Panjang

Agar bisa merasakan manfaat dari daun kacang panjang untuk kesehatan, tidak perlu untuk menjadikannya ramuan khusus. Ramuan khusus seperti jamu temulawak misalnya. Tetapi daun lembayung ini bisa dimasak sepeti sayur bayam dan sayur kangkung pada umumnya. Tidak perlu takut, daun kacang panjang ini tidak beracun.

Jika ada yang memiliki masalah mengenai air ASI, urine, kurang darah, rabun, buang air besar, sampai pada rambut rontok, tentu bisa mengandalkan daun kacang panjang ini. Manfaat daun ini untuk kesehatan begitu terasa ketika rajin juga untuk mengonsumsinya. Bahkan bisa dijadikan lauk sarapan, makan siang, makan malam, atau juga dijadikan kripik untuk camilan.

Nah, berikut penjelasan mengenai manfaat daun kacang panjang yang sudah kami rangkumkan.

1. Produksi ASI
Manfaat daun kacang panjang untuk kesehatan ternyata bisa membantu melancarkan produksi ASI. Hal ini disebabkan karena kandungan gizi seperti vitamin, kalsium, dan fosfor yang ada dalam daun kacang panjang.

Daun kacang panjang ini memang diyakini dapat merangsang produksi ASI pada ibu menyusui, hingga menjadi lebih lancar dan lebih banyak. Nah, konsumsi daun kacang panjang ini bisa dengan membuatnya menjadi ramuan atau juga bisa dijadikan sayur untuk pelengkap menu makan sehari-hari.

Daun Kacang Panjang

2. Melancarkan Kencing
Manfaat daun kacang panjang untuk kesehatan ternyata bisa membantu melancarkan kencing. Selain itu juga mampu membuat urine yang awalnya berbau atau hanya bisa keluar sedikit-sedikit, menjadi lebih lancar bahkan juga tidak berbau.

Nah, konsumsi daun kacang panjang ini bisa dengan membuatnya menjadi ramuan dengan dikonsumsi 2x sehari atau juga bisa dijadikan sayur untuk pelengkap menu makan sehari-hari.

3. Mencegah Anemia
Manfaat daun kaacang panjang untuk kesehatan ternyata bisa membantu mencegah anemia. Hal ini disebabkan karena kandungan zat besi, vitamin C, dan kalsium yang ada dalam daun kacang panjang.

Sehingga kandungan-kandungan dalam daun kacang panjang ini bisa membantu memproduksi sel darah merah lebih banyak. Dan jika produksi sel darah merah bisa terpenuh, kekhawatiran terhadap anemia bisa teratasi.

Nah, konsumsi daun kacang panjang ini bisa dengan membuatnya menjadi ramuan atau juga bisa dijadikan sayur untuk pelengkap menu makan sehari-hari.

4. Melancarkan Buang Air Besar

Manfaat daun kacang panjang untuk kesehatan ternyata bisa membantu melancarkan buang air besar. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C yang ada dalam daun kacang panjang. Selain itu, kandungan lemak yang ada dalam daun kacang panjang juga sangat rendah.

Nah, konsumsi daun ini bisa dengan membuatnya menjadi ramuan atau juga bisa dijadikan sayur untuk pelengkap menu makan sehari-hari.

5. Mencegah Rabun Mata
Manfaat daun kacang panjang untuk kesehatan ternyata bisa membantu mencegah penyakit rabun pada mata. Rabun jauh maupun rabun dekat. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A yang ada dalam daun kacang panjang. Sehingga daun kacang panjang ini mampu membantu memenuhi kebutuhan terhadap vitamin A yang dibutuhkan untuk kesehatan mata.

Nah, konsumsi daun kacang panjang ini bisa dengan membuatnya menjadi ramuan atau juga bisa dijadikan sayur untuk pelengkap menu makan sehari-hari.

6. Mencegah Rambut Rontok

Manfaat daun iniĀ  untuk kesehatan ternyata bisa membantu mencegah adanya rambut yang rontok. Terutama bagi kalian yang seringkali tidak cocok dengan shampoo, harus menggunakan kerudung setiap hari, tidak memiliki waktu yang sering untuk keramas, dan bingung harus mengobati kerontokan rambut dengan shampoo jenis apa lagi.

Hal ini disebabkan karena kandungan protein dalam daun kacang panjang yang dapat membantu menghasilkan keratin. Dan keratin inilah yang kemudian dapat membantu mencegah adanya kerontokan. Selain itu juga ada vitamin A yang selama ini dipercaya mampu meningkatkan laju pertumbuhan rambut, bahkan juga dipercaya mampu menjaga kesehatan pada kulit kepala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *