Resep popcorn cemilan buka puasa

Resep popcorn cemilan buka puasa

Negaraqqnews.com – Jakarta, Resep popcorn cemilan buka puasa. Sudah kehabisan ide untuk cemilan mempersiapkan cemilan buka puasa nanti? Jangan cemas. Negaraqqnews bakalan ngasih kamu ide cemerlang.

Resep popcorn cemilan buka puasa
Resep popcorn cemilan buka puasa

Popcorn adalah cemilan atau jajanan ringan yang dibuat dari biji jagung yang dimakan saat sedang santai, sedang menonton tv, maupun acara keluarga. Popcorn cenderung rasa manis.

Cemilan yang dibuat dari jagung ini sangat di sukai oleh anak kecil dan remaja hingga orang tua. Biasanya, popcorn dijual di Bioskop, area taman bermain, pasar malam, sekolah, maupun kantin kampus.

Bahan-bahan umum pembuatan popcorn adalah jagung dan mentega. Popcorn sendiri ialah jagung yang dipanaskan dengan suhu tinggi. Untuk mentega guna nya agar popcorn akan lebih gurih dan lezat.

Harus diketahui untuk cara membuat popcorn tidak sulit. Hanya memasukkan 1 sdm mentega yang sudah disiapkan sebelumnya dan 2 hingga 3 sdm jagung ke dalam pemanas. Dan sekitar 2 menit, popcorn yang gurih dan lezat siap dimakan.

Resep popcorn cemilan buka puasa

Agar bisa menjadi popcorn, biji jagung yang akan di jadikan popcorn harus seluruhnya kering melalui proses pengeringan. Biji jagung tersebut akan berubah menjadi popcorn jika biji jagung sudah benar-benar kering.

Jagung dipipil agar diperoleh biji-biji yang lepas. Kemudian biji jagung dikeringkan dengan dijemur. Ketika Biji jagung telah kering maka kadar air turun sampai hanya tersisa 8-12%.

Sistemnyaa sama seperti kerupuk. Kerupuk harus benar-benar kering dengan cara dikeringkan sesuai dengan langkah yang tepat. Gunanya agar kerupuk tadi dapat mengembang.

Resep Popcorn aneka warna memerlukan bahan sebagai berikut.

  • 1 sendok makan mentega
  • 1 sendok makan minyak kanola
  • 1/4 cup sirup jagung
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/3 jagung popcorn ( biasanya jagung brondong )
  • 1/4 sendok makan pewarna makanan cair

Langkah dalam pembuatan popcorn aneka warna

  1. Cairkan mentega, minyak, sirup, dan garam menggunakan wajan. Cairkan seluruh bahan hingga menjadi satu ( tercampur ) dengan sekali-sekali sambilan mengaduk.
  2.  Tambahkan 1/4 sendok teh pewarna makanan cair tadi. Pakai sendok untuk menyatukan pewarna makanannya hingga tercampur dengan rata.
  3. Lalu tambahkan 1/3 gelas biji jagung popcorn ke dalam wajan tadi. Aduklah sampai seluruhnya sudah terlapisi oleh campuran sirup yang sudah dicampurkan tadi. Api jangan terlalu besar, dan tutup wajan.
  4. Setelah itu, goyangkan wajan sekali-kali ketika biji jagung memanas dan sudah mulai berubah pelan-pelan menjadi popcorn.
  5. Jika suara letupan biji jagung tadi sudah mulai melambat, nah biji jagung tadi sudah berubah deh menjadi popcorn.
  6. Popcorn lebih enak jika disajikan keadaan dingin karena akan menjadi renyah. Dan simpan di wadah yang kedap udara agar bisa dinikmati setiap hari.

Bagikan ide menu buka puasa unik ini

Nah, cara pembuatan popcorn tadi cukup gampang kan? Jangan lupa share resep ini ke teman-teman atau keluarga. Menu buka puasa ini bakalan jadi ide baru cemilan buka puasa paling asik.

Popcorn merupakan salah satu cemilan yang disukai banyak orang. Jadikan buka puasa mu unik dan menyenangkan bersama keluarga kamu. Jangan ketinggalan berita ide menu buka puasa mudah hanya di Negaraqqnews.com ya Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *